Senin, 17 Mei 2010

Makalah Jenis-jenis Sejarah

JENIS-JENIS SEJARAH

Sebagai ilmu yang mempelajari pristiwa-pristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Maka bidang yang di kaji oleh sejarah sangatlah luas.
Bidang kajian sejarah dapat merangkup seluruh aspek kehidupan masyarakat dari berbagai penjuru dunia, oleh karena itu, sejarah dapat menjadi beberapa jenis antara lain berdasarkan cakupan wilayah pembatasan terdiri atas sejarah dunia, sejarah nasional, dan sejarah local.

a. Sejarah dunia
Di antara kejadian-kejadian itu terdapat pristiwa penting dan kurang penting, peristiwa-pristiwa yamg dia ggap penting kemudian di catat sebagai kejadian sejarah dan secara cepat tersiar keseluruh dunia. Disamping itu sering kali pristiwa yang terjadi pada suatu Negara erat kaitannya dengan peristiwa yang terjadi pada belahan bumi yang lain.
Untuk itulah mepelajari sejarah dunia, juga penting juga penting artinya mempelajari sejarah nasional suatu bangsa, sebagai contoh : kdatangan Herman Willem Deandels sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda, tidak lepas dari pendudukan Perancis ( Napolior Bora Porte ) Tahapan Negara Belanda di Eropa.

b. Sejarah nasional Indonesia
Pengertian tentang Sejarah Indonesia sebenarnya baru terdapat sejak tahun 1942. sebelum itu pengajaran sejarah di Indonesia masih mengunakan istilah Gesichiedenis Van Neder Landsch Inqie atau sejarah Hindia Belanda, materi sejarah Hindia tentu saja lebih banyak berorientasi pada kepentingan politik, penjajah yang lebih banyak menceritakan sejarah bangsa Belanda di Indonesia sejak tahun 1600.
Tahun-tahun sebelumnya di anggap oleh belanda sebagai suatu pendahuluan singkat dari cerita Belanda di Indonesia
Dengan runtuhnya pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1942, pengajaran sejarah diIndonesia mengalami masa baru, hampir semua buku atau diktat yang di terbitkan.
Pada masa itu pengnaan istilah sejarah Indonesia, sejarah yanah air, sejarah kebangsaan, sejarah Nasional, sejarah nusantara, dan lain sebagainya.
Dalam perubahan ini yang terpenting adalah perubahan pembabakan waktu atau priodisasi, misalnya terdapat istilah Zaman penjajahan VOC (1602-799) zaman kemerdekaan.
Para penyusun sejarah Indonesia berlomba-lomba agar materi sejarah yang disajikan akan sanggup menempa pembacanya menjadi warga yang memiliki sifat kebangsaan.
Itu semua dilukiskan dengan adanya pengembangan perjuangan podriotik dari bangsa Indonesia terhadap usaha-usaha merongrong kemerdekaan Indonesia.
Dengan demikian , pengajaran sejarah Indonesia oleh guru-guru sejarah menjadi sangat penting.

c. Sejarah kebudayaan Indonesia
Sejarah kebudayaan objeknya meliputi artepak peninggalan bangunan, ornament, tulisan, dan seni sastra pernapasannya berdasarkan periode sejarah, misalnya sejarah kebudayaan masa hindu, budha, islam dan pengaruh barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar